Kamis, 11 Februari 2010

LAPORAN TUGAS “OBSERVASI“

I. Judul : Perilaku seseorang dalam angkutan umum

II. Pendahuluan
Pengamatan (observasi) merupakan salah satu teknik dalam penelitian, yang mana memungkinkan peneliti mencatat peristiwa-peristiwa dalam situasi yang berkaitan dengan pengetahuan yang langsung diperoleh dari data.
Dalam rangka memenuhi tugas observasi mata kuliah psikodiagnostik VII, kami melakukan observasi tentang perilaku seseorang dalam angkutan umum. Di mana banyak hal yang biasanya dilakukan seseorang ketika ia berada dalam angkutan umum, misalnya membaca buku, ngobrol dengan teman, menelpon atau ada juga yang hanya berdiam diri. Semua itu dilakukan dalam rangka mengisi waktu luang selama berada di dalam angkutan umum tersebut.
Observasi ini kami lakukan pada tanggal 28-29 November yang berlokasi di dalam angkutan umum jurusan Joyoboyo-Sidoarjo sepanjang perjalanan dari IAIN Surabaya sampai dengan Sidoarjo pada pukul 13.30 WIB pada hari pertama dan pukul 15.45 WIB pada hari kedua. Total subyek observasi keseluruhan adalah sebanyak 30 orang, dengan rincian 13 orang subyek pada hari pertama dan 17 subyek pada hari kedua.

III. Tujuan Observasi
1. Untuk mengetahui perilaku apa saja yang biasanya dilakukan seseorang ketika ia berada di dalam angkutan umum.

IV. Teknik pengumpulan data
Dalam melakukan observasi ini kami menggunakan teknik rating scale di mana kami mencatat gejala-gejala dan ciri-ciri tingkah laku yang ditimbulkan oleh observees, yang kemudian kami mendaftar tingkah laku tersebut sesuai dengan tingkatan-tingkatan perilaku yang ada pada daftar kami.

V. Hasil Observasi
Setelah mengadakan observasi yang berlangsung selama 2 hari, maka dapat dilaporkan hasilnya yaitu sebagai berikut:
1. Jumlah orang yang ngobrol dalam angkutan umum yaitu 12 orang (40%) dari 30 orang subyek.
2. Jumlah orang yang membaca buku dalam angkutan umum sebanyak 4 orang (13,3 %) dari 30 orang subyek.
3. Jumlah orang yang menelpon di dalam angkutan umum sebanyak 5 orang (16,7%) dari 30 orang subyek.
4. Jumlah orang yang hanya berdiam diri di dalam angkutan umum sebanyak 9 orang (30%) dari 30 orang subyek.

VI. Kesimpulan
Dari hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa:
 Jumlah subyek yang ngobrol diangkutan umum menduduki peringkat tertinggi di antara indikator perilaku yang lain yaitu sebanyak 40 % dari total keseluruhan subyek.
 Sedangkan peringkat kedua diduduki oleh subyek yang hanya berdiam diri yaitu sebanyak 30 % dari total keseluruhan subyek.
 Disusul peringkat ketiga yang diduduki oleh subyek yang menelpon dengan jumlah 16,7 % dari total keseluruhan subyek, dan
 Peringkat terakhir diduduki oleh subyek yang membaca buku sebayak 13,3 % dari total keseluruhan subyek.



DAFTAR PUSTAKA

Moeleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Sitorus, Ramlan. Himpunan Abstraksi Laporan Hasil Penelitian IAIN dan STAIN. Medan: Proyek Perguruan Tinggi Agama IAIN Sumatera Utara, 1998.

ads

Ditulis Oleh : Lukman Psikologi Hari: 10.04 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar