Minggu, 31 Mei 2020

Psikotes Online


Tes psikologi merupakan suatu tes untuk mengukur aspek individu secara psikis, yaitu serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui gambaran seseorang seperti perilaku, kesehatan mental, kepribadian, IQ, kecakapan, penyelesaian masalah dan kemampuan beradaptasi atas situasi tertentu..  Tes psikologi dilakukan karena dibutuhkan suatu alat ukur untuk melihat  gambaran utuh tentang aspek-aspek psikologi seseorang  (psikogram) agar dapat melihat perbedaan kemampuan dari berbagai individu yang berbeda.  Hal itu terjadi misalnya  mungkin saja ada kandidat yang dirasa mampu untuk mengisi suatu jabatan  di suatu organisasi berdasarkan pengamatan atasannya dan juga kinerjanya, namun hal tersebut akan menjadi sulit jika kandidat yang dirasa mampu jumlahnya mencapai puluhan ataupun ratusan, karena adanya keterbatasan manusia  untuk membandingan banyak kandidat sekaligus.  Oleh karenanya dibutuhkan suatu alat ukur yang dinamakan tes psikologi. 
Tes psikologi digunakan untuk mengukur kemampuan yang ada pada kandidat maka biasanya standar atau norma ditentukan berdasarkan posisi yang dibutuhkan, atau posisi mana yang kelak akan diisi oleh calon kandidat. Dengan demikian seiring dengan berkembangnya teknologi pada tes psikologi  diharapkan dapat membantu perusahaan atau institusi pendidikan dalam menemukan “the right man in the right place” khususnya menemukan kemampuan karyawan potensial untuk bekerja sesuai bidangnya. Jadi tidak perlu kecewa jika belum lolos tes psikologi, karena hasil tes psikologi anda adalah gambaran kemampuan sesuai dengan respon yang anda berikan.
Laporan tes psikologi yang dibuat kiranya akan dapat dipergunakan oleh pimpinan perusahaan atau bagian personalia/sumber daya manusia (Human Resources Department) untuk menentukan sikap dalam hal  menerima atau menolak lamaran seseorang untuk bekerja, menempatkan seseorang pada posisi sesuai dengan kemampuan, minat, serta kepribadiannya ataupun memindahkan seseorang dari posisi yang lama ke posisi yang baru.
Saat ini penggunaan tes psikologi yang tadinya dilakukan secara konvensional menggunakan pensil dan kertas, seiring dengan perkembangan teknologi maka psikotes sudah bisa dilakukan berbasis online menggunakan komputer atau HP yang terkoneksi dengan internet. Dengan psikotes online perbedaannya terletak pada teknik penyampaian (delivery test) butir soal yang tidak lagi menggunakan kertas. Sistem pengkoreksian pun langsung dilakukan oleh komputer. Keuntungan yang pertama adalah lebih praktis. Kandidat tidak perlu melingkar-lingkari kertas untuk mengisi identitas maupun jawaban dari soal. Selain memakan waktu juga terkadang bikin gregetan melingkari kertas begitu banyak. Kekhawatiran jawaban karena pensilnya tidak terbaca atau kertas yang berubah jadi buram karena sering dihapuspun teratasi. Dengan demikian keuntungan yang kedua  maka bisa lebih hemat waktu terutama dalam hal skoring, interpretasi, dan pembuatan laporan psikogram. Cukup klik-klik mouse komputer saja untuk menjawab soal, maka laporan akan muncul secara otomatis dan tersimpan aman serta memudahkan pengarsipan apabila dibutuhkan sewaktu-waktu dapat dengan mudah diakses oleh orang yang berwenang. Yang ketiga, pelaksanaan psikotesnya pun bisa dilakukan dimana saja testee berada yang penting ada jaringan internet yang memadai sehingga mampu menjaring testee lebih banyak dari seluruh daerah-daerah yang jauh jaraknya. Dan yang terkahir adalah mengurangi kecurangan. Melalui komputer, tes yang disajikan akan teracak secara otomatis. Maka antara kandidat satu dengan yang lainnya belum tentu mendapat urutan soal dan alternatif jawaban yang sama.
Banyaknya jumlah testee atau calon pelamar terkdang menjadi kendala tersendiri bagi kita yang berkecimpung di dunia rekrutmen. Untuk mengatasi kendala tersebut kami hadir menawarkan kepada Anda yang berminat untuk bekerjasama dalam melakukan tes psikologi secara online untuk kandidat calon karyawan, calon siswa, atau pun testee klinis maka Anda bisa mengunjungi website psikotes online kami di sini.


Beberapa alat tes yang kami miliki untuk psikotes secara online:
1.      IST / IST 2000
2.      TIU-5
3.      WPT / WPT-LIKE
4.      APM
5.      TIKI
6.      CFIT Skala 3A
7.      CFIT Skala 3B
8.      CFIT Skala 2A
9.      16-PF
10.  EPPS
11.  PAPIKOSTICK
12.  MBTI
13.  Tes DISC
14.  MMPI
15.  MMPI-2
16.  MMPI-3
17.  MSDT
18.  ROLE-BELBIN
19.  KUDER
20.  HOLLAND-riasec
21.  KRAEPELIN



 Info Lengkap: Telp/SMS/WA 085707700086

ads

Ditulis Oleh : Lukman Psiko Hari: 06.54 Kategori:

6 komentar:

  1. memang ngak bisa main" sama yang namanya tes fsikotes,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kunci sukses psikotes adalah jawablah jujur, apa adanya, sesuai kemampuan dan kesesuaian tentang diri kita.

      Hapus
  2. keren mas buat infonya dan salam sukses selalu

    BalasHapus
  3. Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

    Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

    BalasHapus
  4. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

    BalasHapus