Ciri-ciri perkembangan anak usia 7 tahun
Fisik
•
Pandangan
terbatas
•
Berkerja
dengan kepala diatas meja
•
Mengenggam
pensil (diujung)
•
Dapat
menulis dengan rapi
•
Kadang-kadang
tegang
•
Suka
ruang yang telah ditentukan
•
Sering
merasa terluka, bisa nyata atau pura-pura
Sosial
•
Suka
menyendiri, tertutup.
•
Membutuhkan
penguatan terus menerus (aman & teratur)
•
Kadang
murung, sedih, merajuk, malu.
•
Merasa
tidak banyak orang yang menyukainya (berubah)
•
Percaya
pada guru untuk membantunya
•
Sensitif
pada perasaan orang lain. Kadang suka
mengadu
•
Tidak
suka melakukan kesalahan
•
Kuat
perasaan suka dan tidak suka
•
Menjaga
kerapian meja dan lingkungan
Bahasa
•
Pendengar
yg baik
•
Pembicara
yg tepat
•
Suka
dialog/percakapan berpasangan
•
Perkembangan
kosa kata cepat
•
Tertarik
cari arti/maksud kata
•
Suka
sampaikan catatan kecil
•
Berminat
dengan bermacam-macam simbol
Kognisi
•
Suka
mengulang pelajaran
•
Butuh
akhir kegiatan yang jelas (lengkapi dengan tugas)
•
Suka
berkerja secara bertahap (sedikit demi sedikit)
•
Suka
berkerja sendiri
•
Suka
dibacakan
•
Suka
menghapus (ingin sempurna)
•
Ingin
menemukan bagaimana suatu benda berkerja
Ciri-ciri perkembangan anak usia 8 tahun
Fisik
•
Bergerak
cepat, berkerja dengan tergesa-gesa
•
Penuh
dengan energi
•
Perlu
pelepasan energi secara fisik (kegiatan di luar ruangan)
•
Kadang
sedikit aneh
•
Rentang
kosentrasi terbatas
•
Memiliki
pandagan dekat dan jauh sama kuat
Sosial
•
Persifat
sangat baik, penuh dengan humor
•
Suka
berkerjasama
•
Sering
“menggigit lebih dari yang bisa dikunyah” salah dalam memperkirakan kemampuan
mereka.
•
Resisten
(bertahan); membuat alasan dengan cepat ketika membuat kesalahan
•
Lebih
suka kegiatan yang sama dengan teman sejenis
•
Bermasalah
dengan atauran dan batasan-batasan
•
Kelompok
pertemanan lebih banyak dari usia 7
Bahasa
•
Bicara
aktif
•
Mendengarkan
tapi penuh dengan gagasan sehingga tidak dapat selalu ingat apa yang telah
dikatakannya
•
Melebih-lebihkan
dalam bicara
•
Suka
dalam menjelaskan gagasan
•
Perluasan
kosa kata yang sangat cepat
Kognisi
•
Suka
kegiatan kelompok
•
Suka
menghasilkan sesuatu
•
Sering
berkerja dengan keras/kuat
•
Mulai
mahir dalam ketrampilan dasar
•
Mulai
merasakan kemampuan ketrampilannya.
•
Bertambah
bagus dalam melakukan operasi kongkrit.
Ciri-ciri perkembangan anak usia 9 tahun
Fisik
•
Meningkat dalam koordinasi geraknya
•
Tertantang
melakukan kegiatan fisik sekuatnya (memaksa)
•
Sering
terluka
•
Banyak
mengeluh pada tubuhnya
•
Menunjukan
kegelisahan dengan mengigit kuku, gigit bibir, memilin-milin rambut
Sosial
•
Sangat
tinggi dalam kompetitif
•
Self
aware
•
Tidak
sabar
•
Sering
merasa khawatir, cemas
•
Membuka
jarak dengan orang lain
•
Sering
mengeluh; masalah persamaan
•
Melihat
orang dewasa secara tidak konsisten & sebagai kontrol
•
Kritis
•
Sering
marah dan berubah-ubah emosinya
•
individualistik
Bahasa
•
Menggunakan
kata-kata bersifat deskrpsi
•
Senang
bermain dalam kata dan bahasa serta
informasi
•
Bahasa
seperti bayi kadang muncul kembali
•
Menggunakan
kata-kata yang melebih-lebikan
•
Saat
banyak menggunakan kata-kata negatif
seperti: aku benci itu, aku tidak bisa, bosan, iya ya
•
Senang
bercanda yang sifatnya jorok
•
Mencampuradukan
bahasa ketika bicara
Kognisi
•
Senang
menghasilkan sesuatu dan mengoreksi diri sendiri
•
Mulai
mengenal dunia yg lebih luas
•
Sedikit
berimajiasi
•
Rasa
ingin tahu secara intelektual
•
Mampu
beradaptasi dengan beberapa kodisi yang dia hadapi
•
Bermasalah
dengan kondisi abstrak, angka-angka yang banyak, periode waktu dan ruang
Ciri-ciri perkembangan anak usia 10 tahun
Fisik
•
Perkembangan
otot besar
•
Sangat
membutuhkan waktu di luar ruangan dan tantangan fisik
•
Tulisan
tangan cenderung tidak rapi (jika dibandingkan dengan usia 9 th)
•
Makanan
ringan dan waktu istirahat membantu pertumbuhan tubuhnya
Bahasa
•
Pendengar
yang baik
•
Banyak
membaca
•
Ekspresif,
suka menjelaskan, aktif berbicara
•
Berkerjasama
dan bersaing
•
Bersahabat,
bergembira
Kognisi
•
Daya
ingat cukup produktif
•
Kemampuan
pada hal yang abstrak mulai meningkat
•
Menyukai
aturan dan hal-hal yang masuk akal
•
Mengklasifikasi
dan mengumpulkan hal-hal yang disukai ,
suka menyusun
•
Mampu
kosentrasi dgn baik, bisa membaca dalam waktu yg relatif lama
•
Menjadi
orang yang mampu menyelesaiakan masalah dengan baik
•
Bangga
dengan hasil akademiknya
Ciri-ciri perkembangan anak usia 11 tahun
Fisik
•
Meningkatnya
nafsu makan, kegiatan dan bicara
•
Munculnya
pubertas pada sebagian anak perempuan
•
Gerakan
yang stabil, kurang waktu istirahat
•
Sering
kena flu dan kadang infeksi telinga
•
Butuh
istirahat yang cukup
•
Agak kurang menggunakan kekuatan fisik
•
Kemampuan
motorik halusnya baik
Sosial
•
Peka,
emosinya tidak stabil
•
Berseberangan
pendapat
•
Senang
berada diluar rumah
•
Selalu
mengikuti kata hati, kasar dan kurang peduli
•
Suka
berargumentasi
•
Kesulitan
membuat keputusan
•
Memahmai
keadaan dirinya
•
Emosional
•
Mudah
masuk/keluar dari kelompoknya
Bahasa
•
Senang
berbcara ditelpon
•
Selalu
menuruti kata hati, bicara sebelum dipikirkan
•
Bicara
kasar
•
Suka
berargumen, pendebat ulung
•
Appresiatif
terhadap humor
•
Mengadopsi
bahasa orang dewasa
Kognisi
•
Suka
tugas baru dan berpengalaman untuk merefleksikan atau memperbaiki tugas berikutnya
•
Dapat
berfikir abstrak
•
Mahir
memberikan alasan
•
Dapat
membaangun dan memodifikasi aturan
•
Memusatkan
perhatian pada pengembangan bakat dan memandang dunia dari berbagai segi
•
Suka
berargumentasi
Ciri-ciri perkembangan anak usia 12 tahun
fisik
•
Energi
tinggi
•
Butuh
banyak istirahat
•
Dorongan
pertumbuhan, tanda pubertas
•
Makan
itu sangat dipentingkan (snack pagi di sekolah)
•
Pendidikan
jasmani sangat dibutuhkan
Sosial
•
Mulai
tampak kepribadian orang dewasa
•
Dapat
memberikan alasan yang lebih masuk akal
•
Antusias
dan tidak malu-malu
•
Berinisiatif
untuk kegiatannya sendiri
•
Empati
•
Peduli
pada dirinya dan sangat pengertian
•
Dapat
membuat tujuan yang nyata dalam waktu singkat
•
Muncul
rasa aman terhadap dirinya
•
Teman
sebaya lebih pentig dari pada guru
Bahasa
•
Muncul
kekasaran (sarkasme)
•
Memiliki
makna ganda, bermain kata-kata, bercanda sesuai kemampuan mereka
•
Asyik
ngobrol dengan orang dewasa atau teman sebaya
•
Bahasa
“gaul”
Kognisi
•
Kemmapuan
memahami hal yang abstrak meningkat
•
Muncul
kemampuan pada ketrampilan / area tertentu
•
Dapat
dan akan melihat dua sisi dari sebuah argumen
•
Sangat
tertarik pada hal-hal baru politik,
keadilan sosial
•
Meneiliti
dan mempelajari ketrampilan sebelumnnya
dengan meningkatkan disiplin pengorganisasian.
terima kasih. cukup membantu dalam memantau anak...
BalasHapusterimakasih cukup mmbantu untuk bhan bacaan
BalasHapusterimakasih.. sangat membantu dalam tugas saya.. kalau boleh tahu sumbernya dari mana?
BalasHapusmakasih, informasi yang sangat bagus untuk melihat tumbuh kembang anak saya
BalasHapusPa saya copy ya articlenya,,,,, untuk tambahan makalah saya,, terimaksih semoga bapak selalu diluaskan keilmuannya dan sehat selalu,,
BalasHapusTerima kasih Pak. Artikel bapah dapat membantu saya menyelesaikan tugas psikologi anak. semoga medapat pahala dari yang maha kuasa.
BalasHapusterimakasih, ini dapat menyelesaikan tugas kuliah saya.
BalasHapusterimakasih...infonya sangat bermanfaat
BalasHapusterimakasih...infonya sangat bermanfaat
BalasHapusLangsung praktek
BalasHapus