Ambillah satu kelas yang Anda beri
pembelajaran, kemudian identifikasi dari tiga karakteristik peserta didik,
yaitu karakteristik umum, kemampuan awal, dan gaya belajar peserta didik.
Berikan contoh bagaimana data tersebut Anda gunakan dalam proses pembelajaran!
Jawab:
Identifikasi
karakteristik peserta didik delas VIII-A SMP Islam Swasta Sidoarjo Tahun Ajaran
2018/2019
No
|
NAMA
|
JK
|
Karakteristik Umum
|
Kemampuan Awal
|
GB
|
|||
Etnik / Kultural (Asal Kota)
|
Status
|
Minat Belajar
|
Gambaran Kemandirian Peserta Didik
|
|||||
Usia
|
Sosial
|
|||||||
Ekonomi
|
||||||||
1
|
RFA
|
Lk
|
Sidoarjo
|
14
|
Prestasi
|
Tinggi
|
Mandiri
|
Kinestetik
|
2
|
NHR
|
Lk
|
Sidoarjo
|
13
|
Prestasi
|
Tinggi
|
Cukup
|
Auditori
|
3
|
AA
|
Lk
|
Sidoarjo
|
14
|
Prestasi
|
Tinggi
|
Cukup
|
Kinestetik
|
4
|
ABA
|
Lk
|
Surabaya
|
14
|
Prestasi
|
Tinggi
|
Cukup
|
Kinestetik
|
5
|
RFA
|
Lk
|
Sidoarjo
|
13
|
Prestasi
|
Tinggi
|
Cukup
|
Kinestetik
|
6
|
MNF
|
Lk
|
Sidoarjo
|
13
|
Prestasi
|
Tinggi
|
Mandiri
|
Visual
|
7
|
MGG
|
Lk
|
Sidoarjo
|
13
|
Prestasi
|
Tinggi
|
Mandiri
|
Kinestetik
|
8
|
MGI
|
Lk
|
Sidoarjo
|
13
|
Prestasi
|
Tinggi
|
Cukup
|
Auditori
|
9
|
TRR
|
Lk
|
Sidoarjo
|
13
|
Prestasi
|
Tinggi
|
Mandiri
|
Visual
|
10
|
MHJ
|
Lk
|
Sidoarjo
|
13
|
Prestasi
|
Tinggi
|
Mandiri
|
Auditori
|
11
|
FAJ
|
Lk
|
Sidoarjo
|
13
|
Beasiswa
|
Tinggi
|
Mandiri
|
Visual
|
12
|
MFI
|
Lk
|
Bogor
|
13
|
Beasiswa
|
Tinggi
|
Cukup
|
Auditori
|
13
|
AS
|
Lk
|
Kepanjen
|
13
|
Beasiswa
|
Tinggi
|
Cukup
|
Kinestetik
|
14
|
BW
|
Lk
|
Surabaya
|
13
|
Beasiswa
|
Sedang
|
Cukup
|
Visual
|
15
|
DPM
|
Lk
|
Batam
|
13
|
Beasiswa
|
Tinggi
|
Mandiri
|
Auditori
|
16
|
AT
|
Lk
|
Surabaya
|
13
|
Beasiswa
|
Sedang
|
Cukup
|
Auditori
|
17
|
MAS
|
Lk
|
Jombang
|
13
|
Beasiswa
|
Sedang
|
Mandiri
|
Auditori
|
18
|
FA
|
Lk
|
Lampung
|
13
|
Beasiswa
|
Tinggi
|
Cukup
|
Auditori
|
19
|
KAM
|
Lk
|
Surabaya
|
13
|
Beasiswa
|
Tinggi
|
Cukup
|
Auditori
|
20
|
MUN
|
Lk
|
Bojonegoro
|
13
|
Beasiswa
|
Sedang
|
Mandiri
|
Visual
|
21
|
MAK
|
Lk
|
Blitar
|
13
|
Beasiswa
|
Sedang
|
Cukup
|
Kinestetik
|
22
|
DMH
|
Lk
|
Bali
|
13
|
Beasiswa
|
Sedang
|
Cukup
|
Kinestetik
|
23
|
MAS
|
Lk
|
Malang
|
13
|
Beasiswa
|
Tinggi
|
Cukup
|
Kinestetik
|
24
|
MRIM
|
Lk
|
Tulungagung
|
14
|
Beasiswa
|
Tinggi
|
Cukup
|
Kinestetik
|
25
|
ABK
|
Lk
|
Bojonegoro
|
13
|
Beasiswa
|
Tinggi
|
Mandiri
|
Visual
|
26
|
MAI
|
Lk
|
Sidoarjo
|
13
|
Beasiswa
|
Tinggi
|
Mandiri
|
Auditori
|
27
|
MA
|
Lk
|
Tangerang
|
14
|
Beasiswa
|
Sedang
|
Cukup
|
Auditori
|
1.
Karakteristik Umum
Dari karakteristik umum peserta didik pada kelas VIIIA
tersebut secara gender memiliki karakteristik yang homogen yakni semua peserta
didik memiliki jenis kelamin laki-laki karena sekolah kami sekolah yang
berasrama yang memang khusus untuk laki-laki. Sehingga dalam aplikasi
pembelajaran secara gender tidak terlalu sulit dalam pembagian kelompok diskusi
maupun dalam proses interaksi dalam pembelajaran.
Sedangkan dari aspek etnik dan kultural, sekolah kami
memiliki peserta didik yang multi etnik, karena peserta didik kami merupakan
perwakilan dari cabang yayasan yang berada di beberapa kota di wilayah
Indonesia. Sehingga dalam aplikasi pembelajaran saat berinteraksi dengan
peserta didik di kelas harus menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa
nasional yang dapat dipahami oleh seluruh peserta didik. Disamping itu dalam
menjelaskan materi pelajaran dan dalam memberikan contoh-contoh perlu
mempertimbangkan keberagaman budaya yang ada di negara kita, sehingga apa yang
disampaikan dapat diterima oleh semua peserta didik, atau tidak hanya berlaku
untuk budaya tertentu saja.
Secara usia peserta didik kami berada pada tahap
opersional formal dimana peserta didik telah memiliki kemampuan
mengkoordinasikan dua ragam kemampuan kognitif secara serentak maupun
berurutan. Misalnya kapasitas merumuskan hipotesis dan menggunakan
prinsip-prinsip abstrak. Dengan kapasitas merumuskan hipotesis peserta didik
mampu berfikir memecahkan masalah dengan menggunakan anggapan dasar yang
relevan dengan lingkungan. Sehingga dalam proses pembelajaran guru diharapkan
mampu menciptakan proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan
kognitif para peserta didik dengan menciptakan pembelajaran yang berbasis
problem solving (pembelajaran berbasis pemecahan permasalahan).
Dari segi status ekonomi dan sosial sekolah kami
memiliki kebijakan peserta didik 60% berasal dari siswa jalur beasiswa (yatim
dhuafa) yang status ekonomi merupakan masyarakat menengah kebawah dan secara
pembiayaan pendidikan ditanggung oleh yayasan. Sedangkan 40% peserta didik dari
jalur prestasi (jalur umum) yang secara pembiayaan ditanggung mandiri oleh wali
dari peserta didik. Maka dengan kondisi tersebut dalam proses pembelajaran guru
diharapkan tidak membeda-bedakan atau diskriminatif dalam memberikan pelayanan
kepada peserta didiknya, bahkan kami sebagai pendidik sebisa mungkin
berusaha untuk tidak mengetahui latar belakang peserta didik mana yang dari
jalur prestasi dan peserta didik mana yang dari jalur beasiswa agar kami bisa
obyektif dalam memberikan layanan kepada seluruh peserta didik. Contoh lain
dalam memberikan tugas guru juga harus mempertimbangkan faktor ekonomi dengan
cara memberikan tugas yang sekiranya mampu diselesaikan oleh semua peserta
didik dengan latar belakang ekonomi sosial yang sangat beragam.
Untuk menghadapi minat belajar peserta didik yang juga
beragam, guru diharapkan mampu membangkitkan motivasi belajar seluruh peserta
didik dengan cara mempromosikan topik pembelajarann dengan cara yang menarik
dan menantang bagi para peserta didik, dan mampu memilih metode pembelajaran
yang kreatif dan inovatif berbasis teknologi media, video pembelajaran, CD
audio, poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik
terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, aktif
terlibat dalam pembelajaran sehingga hasilnya sangat baik.
2.
Kemampuan Awal
Dari data
kemampuan awal tentang kemandirian peserta didik 41% peserta didik memiliki
kemandirian yang sudah sangat baik, sedangkan 59% peserta didik memiliki
kemandirian yang cukup. Dengan demikian sebagai pendidik sebaiknya kita terus
memotivasi para peserta didik agar memiliki sikap kemandirian agar menjadi
pribadi yang percaya diri dalam menentukan sikap, kreatif dalam pemecahan
masalah, bertanggung jawab, serta menjadi pribadi tangguh dalam menjalani
kehidupan. Disamping itu dalam proses pembelajaran guru perlu menciptakan
suasana pembelajaran yang ramah anak, demokratis, penuh penghargaan terhadap
peserta didik, serta menciptakan kompetisi yang sehat guna menumbuhkan
perkembangan kemandirian dalam belajar.
3.
Gaya Belajar
Dari
data modalitas belajar yang dimiliki kelas VIII-A SMP Islam
Swasta Sidoarjo Tahun Ajaran 2018/2019 dapat diketahui 22% peserta didik memiliki gaya belajar Visual, 41% memiliki gaya belajar
Auditorial, dan 37% memiliki gaya belajar Kinestetik. Dengan beragamnya
modalitas belajar yang ada di kelas tersebut, maka guru sebisa mungkin
menciptakan lingkungan belajar yang bersifat multi indrawi, sehingga mampu
mengakomodir kebutuhan gaya belajar setiap peserta didik.
Guru
bisa menggunakan strategi mengajar dengan menggunakan materi dalam bentuk
gambar, diagram, peta, simbol warna, tanda-tanda penting, ataupun multimedia
berupa video untuk memenuhi kebutuhan proses belajar peserta didik visual.
Sedangkan untuk mempermudah proses belajar peserta didik auditori guru bisa
mengajak peserta didik berdiskusi, wawancara, membaca dengan suara keras, dan
belajar sambil diiringi musik seperti musik-musik instrumental. Untuk peserta
didik yang memiliki modalitas belajar Kinestetik guru bisa mengajak
peserta didik belajar sambil mengeksplorasi lingkungannya, belajar dengan
melakukan praktek, belajar menggunakan teknik bermain, sosiodarama, ataupun
belajar dengan melatihkan keterampilan-keterampilan motorik peserta didik.
Jika
peserta didik diberikan strategi yang sesuai dengan gaya belajarnya, maka
diharapkan peserta didik mampu berkembang lebih optimal. Yang perlu menjadi catatan bahwa tidak ada
gaya mengajar yang paling baik untuk selamanya, maka jangan terpaku pada gaya
mengajar tertentu. Setiap gaya mengajar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Jadi kita bisa
mengkombinasikan gaya-gaya mengajar yang didasarkan pada pertimbangan faktor-faktor
tujuan tertentu dari pelajaran, situasi dan kondisi kelas, dan kesiapan peserta
didik untuk terlibat dalam proses pembelajaran.
0 komentar:
Posting Komentar