Minggu, 27 Januari 2019

Strategi dan Langkah-langkah Pembelajaran Teori Belajar Konstruktivistik





Strategi dan langkah-langkah pembelajaran yang dapat dilakukan untuk menerapkan teori belajar konstruktivistik dalam proses pembelajaran:
1.      Tahap Persiapan :
a.       Guru mengajak peserta didik membahas Topik (KD) yang yang akan dipelajari (diawali dengan ilustrasi singkat tentang pentingnya topik tersebut dipelajari) dengan cara mengkaitkan topik pembelajaran dengan contoh benda atau kegiatan dalam kehidupan sehari-hari
b.      Guru mengajukan satu pertanyaan terbaik (menantang) kepada siswa berkaitan dengan topik yang akan dipelajari tersebut.
c.       Siswa secara individual diharapkan memberi respon atas pertanyaan yang diajukan oleh guru dengan mengajukan satu pertanyaan terbaik pula.
d.      Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan dari siswa, kemudian melalui proses diskusi memilih sejumlah pertanyaan yang akan dijawab.
e.       Bentuklah kelompok untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dipilih tersebut.
f.       Diskusikan sumber belajar yang akan diakses untuk menjawab pertanyaan tersebut, dan pastikan bahwa sumber belajar dapat terpenuhi (buku, orang ahli/narasumber, gejala alam, atau website)
g.      Kegiatan diawali dari kegiatan individu dilanjutkan dengan kegiatan kelompok

2.      Tahap Pelaksanaan
a.       Pada hari dan jam yang telah ditentukan siswa melakukan diskusi kelompok dengan mengakses sumber belajar yang ada (buku, orang ahli/narasumber, gejala alam, atau website).
b.      Hasil kerja kelompok selanjutnya dipresentasikan (bisa juga dengan slide powerpoint) dengan pembagian waktu yang diatur secara ketat.
c.       Setelah semua kelompok melakukan presentasi diadakan diskusi/klarifikasi dari anggota kelompok lain.
d.      Siswa yang kurang menguasai materi pelajaran dijelaskan oleh siswa lain yang lebih menguasai
e.       Guru membantu memberikan penjelasan terhadap siswa yang masih belum jelas ketika dijelaskan oleh siswa lain
f.       Guru mengadakan refleksi terhadap proses pembelajaran yang berlangsung
g.      Penilaian dilakukan secara autentik pada saat proses belajar berlangsung

3.      Tahap Akhir
a.       Guru mengadakan kegiatan plenary (simpulan, & rancangan pembelajaran yang akan datang) dan mengisi komponen plenary pada RPP/RPL guru
b.      Guru menulis simpulan dan saran pada RPP/RPL yang meliputi : sesuatu yang berjalan dengan baik, yang berjalan biasa-biasa saja, yang belum berjalan dengan baik, dan akan lebih baik jika ….
c.       Guru menandatangani RPP/RPL yang telah berjalan dan melaporkannya kepada kepala sekolah


ads

Ditulis Oleh : Lukman Psiko Hari: 05.29 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar