Strategi
dan langkah-langkah pembelajaran yang dapat dilakukan untuk menerapkan teori
belajar konstruktivistik dalam proses pembelajaran:
1.
Tahap
Persiapan :
a. Guru mengajak peserta didik
membahas Topik (KD) yang yang akan dipelajari (diawali dengan ilustrasi singkat
tentang pentingnya topik tersebut dipelajari) dengan cara mengkaitkan topik pembelajaran dengan contoh benda atau kegiatan
dalam kehidupan sehari-hari
b. Guru mengajukan satu pertanyaan
terbaik (menantang) kepada siswa berkaitan dengan topik yang akan dipelajari
tersebut.
c. Siswa secara individual
diharapkan memberi respon atas pertanyaan yang diajukan oleh guru dengan
mengajukan satu pertanyaan terbaik pula.
d. Guru mencatat
pertanyaan-pertanyaan dari siswa, kemudian melalui proses diskusi memilih
sejumlah pertanyaan yang akan dijawab.
e. Bentuklah kelompok untuk
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dipilih tersebut.
f. Diskusikan sumber belajar yang
akan diakses untuk menjawab pertanyaan tersebut, dan pastikan bahwa sumber
belajar dapat terpenuhi (buku, orang
ahli/narasumber, gejala alam, atau website)
g. Kegiatan diawali dari kegiatan
individu dilanjutkan dengan kegiatan kelompok
2.
Tahap
Pelaksanaan
a. Pada hari dan jam yang telah
ditentukan siswa melakukan diskusi kelompok dengan mengakses sumber belajar
yang ada (buku, orang
ahli/narasumber, gejala alam, atau website).
b. Hasil kerja kelompok
selanjutnya dipresentasikan (bisa juga dengan slide powerpoint) dengan
pembagian waktu yang diatur secara ketat.
c. Setelah semua kelompok
melakukan presentasi diadakan diskusi/klarifikasi dari anggota kelompok lain.
d. Siswa yang kurang menguasai
materi pelajaran dijelaskan oleh siswa lain yang lebih menguasai
e. Guru membantu memberikan
penjelasan terhadap siswa yang masih belum jelas ketika dijelaskan oleh siswa
lain
f. Guru mengadakan refleksi
terhadap proses pembelajaran yang berlangsung
g. Penilaian dilakukan secara
autentik pada saat proses belajar berlangsung
3.
Tahap
Akhir
a. Guru mengadakan kegiatan
plenary (simpulan, & rancangan pembelajaran yang akan datang) dan mengisi
komponen plenary pada RPP/RPL guru
b. Guru menulis simpulan dan saran
pada RPP/RPL yang meliputi : sesuatu
yang berjalan dengan baik, yang berjalan biasa-biasa saja, yang belum berjalan
dengan baik, dan akan lebih baik jika ….
c. Guru
menandatangani RPP/RPL yang telah berjalan dan melaporkannya kepada kepala sekolah
0 komentar:
Posting Komentar