Minggu, 27 Januari 2019

Contoh Kerangka Proposal PTBK


1.      Judul Penelitian:
“Upaya meningkatkan motivasi belajar melalui layanan penguasaan konten dengan teknik permainan pada peserta didik kelas VII di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo”
2.      Bidang/Obyek Kajian:
Bidang layanan menggunakan layanan penguasaan konten dengan teknik permainan yang sesuai dengan model belajar experience learning (belajar melalui pengalaman) dimana peserta didik diajak untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman baru, kreativitas serta sarana untuk mengembangkan kecerdasan.
3.      Bab I: Pendahuluan
a.      Latar Belakang
Permasalahan motivasi belajar siswa di sekolah menjadi salah satu permasalahan yang banyak dikeluhkan oleh banyak guru di beberapa sekolah. Permasalahan yang sama juga menjadi salah satu permasalahan di SMP Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo. Permasalahan motivasi belajar di SMP Insan Cendekia Mandiri ini menjadi tanggung jawab guru pembimbing di sekolah melalui pemberian layanan bimbingan dan konseling. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tindakan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui layanan penguasaan konten yang membantu peserta didik untuk menguasai keterampilan tertentu dengan menggunakan teknik permainan.
b.      Rumusan Masalah
1)      Bagaimana gambaran motivasi belajar peserta didik SMP Insan Cendekia Mandiri kelas VII tahun ajaran 2018/2019 sebelum dan sesudah mendapatkan layanan penguasaan konten dengan teknik permainan?
2)      Apakah motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten dengan teknik permainan pada peserta didik SMP Insan Cendekia Mandiri kelas VII tahun ajaran 2018/2019?
c.       Tujuan Penelitian
1)      Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar peserta didik SMP Insan Cendekia Mandiri kelas VII tahun ajaran 2018/2019 sebelum dan sesudah mendapatkan layanan penguasaan konten dengan teknik permainan.
2)      Untuk mengetahui apakah motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten dengan teknik permainan pada peserta didik SMP Insan Cendekia Mandiri kelas VII tahun ajaran 2018/2019.
d.      Manfaat Penelitian
1)      Manfaat Teoritis
Hasil penelitian ini nantinya diharapkan dapat memberikan masukan-masukan tentang salah satu cara meningkatkan motivasi belajar dan juga diharapkan dapat menjadi referensi dan memberikan sumbangan konseptual bagi penelitian sejenis dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan untuk perkembangan dan kemajuan dunia pendidikan.
2)      Manfaat Praktis
Bagi pembimbing: Bagi guru pembimbing SMP Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo dapat menambah alternatif ataupun masukan mengenai penggunaan layanan penguasaan konten bidang bimbingan belajar dengan teknik permainan guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Bagi peserta didik: Hasil penelitian ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dengan memanfaatkan teknik permainan melalui layanan penguasaan konten bidang bimbingan belajar.

4.      Bab II: Kerangka Teoritik dan Hipotesis Tindakan
a.      Kajian Pustaka
1)      Teori Motivasi Belajar
2)      Layanan Penguasaan Konten
3)      Teknik Permainan
4)      Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Permainan
5)      Hasil Penelitian Terdahulu yang Relevan
b.      Kerangka Pemikiran

Motivasi Rendah
Layanan Penguasaan Konten
(Teknik Permainan)
Motivasi Meningkat
                                               
c.       Hipotesis Tindakan/Kinerja
Layanan penguasaan konten dengan teknik permainan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII di SMP Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo Tahun Ajaran 2018/2019.

5.      Bab III: Metode Penelitian
a.      Perencanaan Umum
1)      Penentuan Subyek dan Setting (tempat/lokasi)
2)      Variabel Penelitian
3)      Rencana Tindakan
4)      Metode Pengumpulan Data
b.      Pelaksanaan Tindakan
1)      Langkah-langkah/prosedur penelitian yaitu 4 langkah PTBK  (perencanaan, skenario pelaksanaan tindakan, observasi & evaluasi, dan refleksi)
2)      Skema siklus tindakan yang akan dilaksanakan.
c.       Indikator Kinerja: memaparkan tolok ukur keberhasilan tindakan yang akan dilaksanakan sebagai dasar penilaian keberhasilan perbaikan tindakan layanan bimbingan dan konseling

6.      Jadwal Penelitian: perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pelaporan penelitian.
7.      Biaya Penelitian: rincian biaya penelitian yang direncanakan.
8.      Personalia: identitas dan peranan setiap angota penelitian.
9.      Daftar Pustaka
10.  Lampiran: Curicullum Vitae anggota penelitian, instrumen      penelitian, dan surat-surat yang diperlukan.

ads

Ditulis Oleh : Lukman Psiko Hari: 05.20 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar