1.
Judul Penelitian:
“Upaya meningkatkan motivasi belajar melalui
layanan penguasaan konten dengan teknik permainan pada peserta didik kelas VII
di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo”
2.
Bidang/Obyek Kajian:
Bidang layanan menggunakan layanan penguasaan
konten dengan teknik permainan yang sesuai dengan model belajar experience learning (belajar melalui
pengalaman) dimana peserta didik diajak untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman
baru, kreativitas serta sarana untuk mengembangkan kecerdasan.
3.
Bab I: Pendahuluan
a.
Latar Belakang
Permasalahan
motivasi belajar siswa di sekolah menjadi salah satu permasalahan yang banyak
dikeluhkan oleh banyak guru di beberapa sekolah. Permasalahan yang sama juga
menjadi salah satu permasalahan di SMP Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo.
Permasalahan motivasi belajar di SMP Insan Cendekia Mandiri ini menjadi
tanggung jawab guru pembimbing di sekolah melalui pemberian layanan bimbingan
dan konseling. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, maka peneliti tertarik
untuk melakukan penelitian tindakan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan
motivasi belajar peserta didik melalui layanan penguasaan konten yang membantu
peserta didik untuk menguasai keterampilan tertentu dengan menggunakan teknik
permainan.
b.
Rumusan Masalah
1)
Bagaimana gambaran motivasi
belajar peserta didik SMP Insan Cendekia Mandiri kelas VII tahun ajaran
2018/2019 sebelum dan sesudah mendapatkan layanan penguasaan konten dengan
teknik permainan?
2)
Apakah motivasi belajar
dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten dengan teknik permainan
pada peserta didik SMP Insan Cendekia Mandiri kelas VII tahun ajaran 2018/2019?
c.
Tujuan Penelitian
1)
Untuk mengetahui gambaran
motivasi belajar peserta didik SMP Insan Cendekia Mandiri kelas VII tahun
ajaran 2018/2019 sebelum dan sesudah mendapatkan layanan penguasaan konten
dengan teknik permainan.
2)
Untuk mengetahui apakah
motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten dengan
teknik permainan pada peserta didik SMP Insan Cendekia Mandiri kelas VII tahun
ajaran 2018/2019.
d.
Manfaat Penelitian
1)
Manfaat Teoritis
Hasil penelitian ini
nantinya diharapkan dapat memberikan masukan-masukan tentang salah satu cara
meningkatkan motivasi belajar dan juga diharapkan dapat menjadi referensi dan
memberikan sumbangan konseptual bagi penelitian sejenis dalam rangka
mengembangkan ilmu pengetahuan untuk perkembangan dan kemajuan dunia pendidikan.
2)
Manfaat Praktis
Bagi pembimbing: Bagi guru
pembimbing SMP Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo dapat menambah alternatif
ataupun masukan mengenai penggunaan layanan penguasaan konten bidang bimbingan
belajar dengan teknik permainan guna meningkatkan motivasi belajar peserta
didik.
Bagi peserta didik: Hasil
penelitian ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dengan
memanfaatkan teknik permainan melalui layanan penguasaan konten bidang
bimbingan belajar.
4.
Bab II: Kerangka Teoritik dan Hipotesis Tindakan
a.
Kajian Pustaka
1)
Teori Motivasi Belajar
2)
Layanan Penguasaan Konten
3)
Teknik Permainan
4)
Meningkatkan Motivasi
Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Permainan
5)
Hasil Penelitian Terdahulu
yang Relevan
b.
Kerangka Pemikiran
Motivasi Rendah
|
|
Layanan Penguasaan Konten
(Teknik Permainan)
|
|
Motivasi Meningkat
|
c.
Hipotesis Tindakan/Kinerja
Layanan penguasaan konten dengan teknik
permainan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII di SMP
Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo Tahun Ajaran 2018/2019.
5.
Bab III: Metode Penelitian
a.
Perencanaan Umum
1)
Penentuan
Subyek dan Setting (tempat/lokasi)
2)
Variabel Penelitian
3)
Rencana Tindakan
4)
Metode Pengumpulan Data
b.
Pelaksanaan Tindakan
1)
Langkah-langkah/prosedur
penelitian yaitu 4 langkah PTBK (perencanaan, skenario pelaksanaan
tindakan, observasi & evaluasi, dan refleksi)
2)
Skema
siklus tindakan yang akan dilaksanakan.
c.
Indikator Kinerja: memaparkan tolok ukur keberhasilan
tindakan yang akan dilaksanakan sebagai dasar penilaian keberhasilan perbaikan
tindakan layanan bimbingan dan konseling
6.
Jadwal Penelitian: perencanaan,
pelaksanaan sampai dengan pelaporan penelitian.
7.
Biaya Penelitian: rincian biaya
penelitian yang direncanakan.
8.
Personalia: identitas dan
peranan setiap angota penelitian.
9.
Daftar Pustaka
10. Lampiran: Curicullum Vitae anggota penelitian,
instrumen penelitian, dan surat-surat yang
diperlukan.
0 komentar:
Posting Komentar