Nama Sekolah: SMP Insan Cendekia Mandiri
Sidoarjo
|
NPSN: 69867985
|
||||||||
Alamat: Jl. Raya Srirogo No.1
|
Kecamatan: Sidoarjo
|
Kabupaten/Kota: Sidoarjo
|
|||||||
Nama Guru: Lukman Firdaus, S.Psi
|
Tahun Ajaran 2018-2019
|
Tanggal: 14 Juni 2018
|
|||||||
Dimensi Tugas
Utama/Indikator Kinerja Guru
|
Rencana Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan yang akan dilakukan Guru untuk peningkatan
kompetensi terkait dengan indikator kinerja guru
|
Strategi Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (diisi dengan memberi tanda √)
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||
|
|
|
|
a
|
b
|
|
|||
A. PEDAGOGIK
|
|||||||||
1.
|
Menguasai teori dan praksis pendidikan.
|
||||||||
|
Guru BK/Konselor dapat menunjukkan dalam
perencanaan layanan BK, sesuai dengan landasan dan prinsip‐prinsip pendidikan serta pembelajaran yang aktif, kreatif,
mandiri, dan berpusat pada peserta didik/konseli.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat menunjukkan dalam
perencanaan layanan BK, sesuai dengan usia, tahap perkembangan, dan kebutuhan
peserta didik/ konseli.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat menunjukkan dalam
perencanaan layanan BK, sesuai dengan keragaman latar belakang budaya,
ekonomi, dan sosial peserta didik/konseli.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Mengaplikasikan perkembangan fisiologis dan
psikologis serta perilaku konseli.
|
||||||||
|
Menguasai konsep dan praksis penilaian
(assessment) untuk memahami kondisi, kebutuhan dan masalah konseli.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Peserta didik/konseli diberi kesempatan dalam
memperoleh layanan BK sesuai dengan kebutuhan bakat, minat, dan potensi
pribadi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Peserta didik/konseli diberi kesempatan dalam
memperoleh layanan BK sesuai dengan harapan untuk melanjutkan pendidikan dan
pilihan karir.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Menguasai esensi pelayanan BK dalam jalur,
jenis, dan jenjang satuan pendidikaan.
|
||||||||
|
Layanan BK yang diprogramkan oleh guru
BK/Konselor telah memenuhi esensi layanan pada jalur satuan pendidikan
formal, nonformal dan informal.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Layanan BK yang diprogramkan oleh guru
BK/Konselor telah memenuhi esensi layanan pada jenis satuan pendidikan umum,
kejuruan, keagamaan, dan khusus.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Layanan BK yang diprogramkan oleh guru
BK/Konselor telah memenuhi esensi layanan pada jenjang satuan pendidikan usia
dini, dasar dan menengah, serta tinggi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. KEPRIBADIAN
|
|||||||||
4.
|
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa.
|
||||||||
|
Guru BK/Konselor berpenampilan rapi dan
bersih.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor berbicara dengan santun dan
jujur kepada peserta didik/konseli.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor bersikap dan mendorong kepada
peserta didik/konseli untuk bersikap toleran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor memperlihatkan konsistensi
dan memotivasi peserta didik/konseli dalam melaksanakan ibadah.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Menghargai dan menjunjung tinggi nilai‐nilai kemanusian, individualitas dan kebebasan memilih.
|
||||||||
|
Guru BK/Konselor merencanakan layanan BK yang
mengacu kepada pengaplikasian pandangan dinamis tentang manusia sebagai
mahluk bermoral spiritual, sosial, & individu.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pelayanan BK yang dirancang oleh Guru
BK/Konselor mendorong kepada pengembangan potensi positif individu.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rancangan pelayanan BK mengacu kepada
kebutuhan dan masukan balik peserta didik/konseli.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pelayanan BK dirancang untuk mengembangkan
sikap toleran dalam menjunjung hak azasi manusia pada peserta didik/konseli.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Menunjukkan integritas dan stabilitas
kepribadian yang kuat.
|
||||||||
|
Guru BK/Konselor menunjukkan kepribadian,
kestabilan emosi dan perilaku yang terpuji, jujur, sabar, ramah, dan
konsisten.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor menunjukkan kepekaan dan
bersikap empati terhadap keragaman dan perubahan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor menampilkan toleransi tinggi
terhadap peserta didik/konseli yang menghadapi stress dan frustasi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Menampilkan kinerja berkualitas tinggi.
|
||||||||
|
Guru BK/Konselor memotivasi peserta
didik/konseli untuk berpartisipasi aktif dalam layanan BK yang diberikan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor melaksanakan pelayanan BK
yang efektif sesuai dengan rancangan untuk mencapai tujuan pelayanan BK dalam
waktu yang tersedia.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor melaksanakan tugas layanan BK
secara mandiri, disiplin, dan semangat agar peserta didik/konseli
berpartisipasi secara aktif.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. SOSIAL
|
|||||||||
8.
|
Mengimplementasikan kolaborasi internal di
tempat bekerja.
|
||||||||
|
Guru lain dapat menunjukkan contoh penggunaan
hasil pelayanan BK untuk membantu peserta didik/konseli dalam proses
pembelajaran yang dilakukannya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor merencanakan pelayanan BK
dengan menyertakan pihak‐pihak terkait di
sekolah.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat menunjukkan bukti
bagaimana menjelaskan program dan hasil layanan BK kepada pihak‐pihak terkait di sekolah.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat menunjukkan bukti
permintaan guru lain untuk membantu penyelesaian permasalahan pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Berperan dalam organisasi dan kegiatan profesi
BK.
|
||||||||
|
Guru BK/Konselor mentaati Kode Etik organisasi
profesi BK (seperti MGBK, ABKIN, atau organisasi profesi sejenis lainnya).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor berpartisipasi aktif dalam
proses pengembangan diri melalui organisasi profesi guru BK/Konselor.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat memanfaatkan organisasi
profesi BK/Konselor untuk membangun kolaborasi dalam pengembangan program BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Mengimplimentasi kolaborasi antar profesi.
|
||||||||
|
Guru BK/Konselor dapat menunjukkan bukti
melakukan interaksi dengan organisasi profesi lain.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat berkolaborasi dengan
institusi atau profesi lain untuk mencapai tujuan pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat memanfaatkan keahlian
lain untuk membantu penyelesaian permasalahan peserta didik/konseli sesuai
kebutuhan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat menunjukkan bukti
melakukan interaksi dengan organisasi profesi lain.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D. PROFESSIONAL
|
|||||||||
11.
|
Menguasai konsep dan praksis penilaian (assessment)
untuk memahami kondisi, kebutuhan dan masalah konseli.
|
||||||||
|
Guru BK/Konselor dapat mengembangkan instrumen
nontes (pedoman wawancara, angket, atau format lainnya) untuk keperluan
pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan instrumen
nontes untuk mengungkapkan kondisi aktual peserta didik/konseli berkaitan
dengan lingkungan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat mendeskripsikan
penilaian yang digunakan dalam pelayanan BK yang sesuai dengan kebutuhan
peserta didik/konseli.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat memilih jenis penilaian
(Instrumen Tugas Perkembangan/ITP, Alat Ungkap Masalah/AUM, Daftar Cek
Masalah/DCM, atau instrumen non‐tes lainnya) yang
sesuai dengan kebutuhan layanan bimbingan dan konseling.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat mengadministrasikan
penilaian (merencanakan, melaksanakan, mengolah data) untuk mengungkapkan
kemampuan dasar dan kecenderungan pribadi peserta didik/konseli.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat mengadministrasikan
penilaian (merencanakan, melaksanakan, mengolah data) untuk mengungkapkan
masalah peserta didik/konseli (data catatan pribadi, kemampuan akademik,
hasil evaluasi belajar, dan hasil psikotes).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat menampilkan tanggung
jawab profesional sesuai dengan azas BK (misalnya kerahasiaan, keterbukaan,
kemutakhiran, dll.) dalam praktik penilaian.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
Menguasai kerangka teoritik dan praksis BK.
|
||||||||
|
Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan hakikat
pelayanan BK (tujuan, prinsip, azas, fungsi, dan landasan).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat menentukankan arah
profesi bimbingan dan konseling (peran sebagai guru BK/konselor).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan
dasardasar pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan
pelayanan BK sesuai kondisi dan tuntutan wilayah kerja.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan
pendekatan /model/jenis pelayanan dan kegiatan pendukung bimbingan dan
konseling.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan praktik
format (kegiatan) pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
Merancang program BK.
|
||||||||
|
Guru BK/Konselor dapat menganalisis kebutuhan
peserta didik/konseli.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat menyusun program
pelayanan BK yang berkelanjutan berdasar kebutuhan peserta didik/konseli
secara komprehensif dengan pendekatan perkembangan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat menyusun rencana
pelaksanaan program pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat merencanakan sarana dan
biaya penyelenggaraan program pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
Mengimplementasikan program BK yang
komprehensif.
|
||||||||
|
Guru BK/Konselor dapat melaksanakan program
pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat melaksanakan pendekatan
kolaboratif dengan pihak terkait dalam pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat memfasilitasi
perkembangan akademik, karier, personal/pribadi, dan sosial peserta
didik/konseli.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat mengelola sarana dan
biaya program pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
Menilai proses dan hasil kegiatan bimbingan
dan konseling.
|
||||||||
|
Guru BK/Konselor dapat melakukan evaluasi proses
dan hasil program pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat melakukan penyesuaian
kebutuhan peserta didik/konseli dalam proses pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat menginformasikan hasil
pelaksanaan evaluasi pelayanan BK kepada pihak terkait.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat menggunakan hasil
pelaksanaan evaluasi untuk merevisi dan mengembangkan program pelayanan BK
berdasarkan analisis kebutuhan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika
profesional.
|
||||||||
|
Guru BK/Konselor dapat memberdayakan kekuatan
pribadi, dan keprofesionalan guru BK/konselor.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat meminimalisir dampak
lingkungan dan keterbatasan pribadi guru BK/konselor.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat menyelenggarakan
pelayanan BK sesuai dengan kewenangan profesi dan kode etik profesional guru
BK/konselor.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat mempertahankan
objektivitas dan menjaga agar tidak larut dengan masalah peserta didik/konseli.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat melaksanakan layanan
pendukung sesuai kebutuhan peserta didik/konseli (misalnya alih tangan kasus,
kunjungan rumah, konferensi kasus, instrumen bimbingan, himpunan data).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat menghargai identitas
profesional dan pengembangan profesi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat mendahulukan
kepentingan peserta didik/konseli daripada kepentingan pribadi guru
BK/konselor.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
Menguasai konsep dan praksis penelitian dalam
BK.
|
||||||||
|
Guru BK/Konselor dapat mendeskripsikan jenis
dan metode penelitian dalam BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor mampu merancang penelitian
dalam BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat melaksanakan penelitian
dalam BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor dapat memanfaatkan hasil
penelitian dalam BK dengan mengakses jurnal yang relevan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kompetensi Melaksanakan Tugas Tambahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kompetensi Melaksanakan Pengembangan Diri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kompetensi Melaksanakan Publikasi Ilmiah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kompetensi Melaksanakan Karya Inovatif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor
|
Kepala Sekolah
|
||||||||
|
|
||||||||
Lukman Firdaus, S.Psi
|
Charis Santoso, S.S
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan
|
|||||||||
1.
|
Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan
yang dilakukan oleh guru sendiri
|
||||||||
2.
|
Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan
yang dilakukan bersama guru lain
|
||||||||
3.
|
Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan
yang dilaksanakan di sekolah
|
||||||||
4.
|
Rencana pengembangan
keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan di KKG/MGBK
|
||||||||
5.
|
Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan
yang dilaksanakan oleh institusi selain sekolah atau KKG/MGBK
|
||||||||
6.
|
Kebutuhan pengembangan keprofesian
berkelanjutan yang belum dapat dipenuhi (diajukan/di-koordinasikan oleh
Disdik untuk dipertimbangkan.
|
0 komentar:
Posting Komentar