Sabtu, 20 Maret 2010

MODEL-MODEL MEMORY

Memory: kemampuan individu untuk menerima, menyimpan dan memproduksi kembali informasi atau kesan-kesan.
Ingatan atau memory menunjuk pada proses penyimpanan atau pemeliharaan informasi sepanjang waktu.

1. Model Waugh dan Norman (1965)
- memory primer (singkat): kemampuan individu untuk menyimpan informasi dalam beberapa detik saja.
- Memory sekunder (panjang/permanent): kemampuan individu untuk menyimpan informasi dalam ukuran menit (ingatan jangka panjang)
Ciri-cirinya: cenderung visual / ekustik, sering kali terjadi lupa karena gagal dalam mengingat kembali.

2. Model “modal model” tradisional dari Atkinson & Shiffrin (1968)
o Sensory Memory: bagaimana cara kita menangkap informasi melalui panca indera; Pencatatan indera.
o Short Term Memory (STM): tempat singgahnya informasi sebelum menuju ke LTM, waktunya hanya 0-18detik. Diperlukan adanya pengulangan sebelum menuju LTM.
o Long Term Memory (LTM): isinya berkaitan dengan masa lalu.

3. Model “Level of Processing Approach (LOP)” dari Craik & Lockhat
o Kedangkalan: semakin dangkal kita menerima informasi (tidak mempunyai makna). Maka itu akan berpengaruh pada ingatan. Kita akan menjadi cepat lupa.
o Kedalaman: ketika kita menerima informasi secara rinci (sedalam-dalamnya), maka informasi itu akan menetap di ingatan kita.→lebih mendalami informasi.
- maintance: pengulangan
- elaborative: memaknai dulu

4. Model system memory jamak dari Tulving (1922)
(-) Episodik: pengalaman personal yang dihubungkan dengan kejadian yang lain (temporal)
(-) Semantik: konseptual (kosa kata)
Perbedaan:
Episodik :
1. Sumber Informasi: Pengalaman sensoris
2. unit informasi: Episode & kejadian
3. organisasi: Behubungan dg waktu
4. keterlibatan emosi:Lebih penting
5. kondisi kelupaan : Besar
6. waktu yg dibutuhkan u/ mengingat informasi: Relatif lama
7. uji di lab : Merecall episode tertentu
8. manfaat umum : Kurang Manfaat
Semantik :
1. Sumber Informasi: Pengertian
2. unit informasi: Konsep, ide, fakta.
3. organisasi: Konseptual
4. keterlibatan emosi:Kurang penting
5. kondisi kelupaan : Kecil
6. waktu yg dibutuhkan u/ mengingat informasi: Relatif cepat
7. uji di lab : Pengetahuan umum
8. manfaat umum : Lebih Manfaat

5. Model sudut pandang koneksionisme dai James Mc.Clelland
Spontanius Generalitation: Menarik kesimpulan tentang informasi umum yang belum dipelajari sebelumnya.

6. Model working memory (WM) oleh Baddeley (1986)
Kebalikan dari STM yang bersifat pasif. WM bersifat aktif melalui analisis karena informasi yang berada di WM diolah/dianalisis terlebih dahulu sebelum menuju Long Term Memory. WM tidak bututh pengulangan spt STM, tetapi informasi langsung dianalisis sendiri karena di dalamnya sudah ada olah data.

ads

Ditulis Oleh : Lukman Psikologi Hari: 17.07 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar