Setelah menyaksikan
tayangan video tentang penggunaan teknologi di pendidikan sangat jelas terlihat
peran guru di sana adalah sebagai fasilitator yang memfasilitasi peserta didik
dalam membahas topik pembelajaran tentang praktek membuat replika jembatan, dan
guru tersebut juga berkolaborasi dengan para peserta didik di dalam proses
pembelajaran, menjadi inspirator dan motivator ketika ada peserta yang masih
belum paham dan menyemangati para peserta didik serta meyakinkan bahwa mereka
pasti bisa. Dalam video tersebut sang guru juga mampu mendesain pembelajaran
yang kreatif dengan mengoptimalkan teknologi digital berbasis IT dalam rangka
memecahkan sebuah permasalahan mengenai topik pembelajaran dan terlihat jelas
di dalam proses pembelajaran yang terjadi sangat berorientasi pada peserta
didik (student centered). Dan yang terakhir
sang guru mampu melakukan transformasi kultural dengan menumbuhkan karakter
rasa ingin tahu yang tinggi kepada para peserta didik, proaktif dalam proses
pembelajaran, tekun, fokus dan pantang menyerah dalam menyelesaikan sebuah
permasalahan kehidupan.
Di sisi lain karena
proses pembelajaran di dalam video tersebut bersifat menantang, dan melibatkan seluruh
peserta didik di dalam suatu topik pembelajaran, maka secara otomatis para
peserta didik mampu memiliki keterampilan berpikir kritis dalam memecahkan
sebuah persoalan topik pembelajaran yang ada, mampu memanfaatkan teknologi yang
ada, bahkan mampu memanfaatkan teknologi digital tersebut untuk menggali
informasi (sumber belajar) untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari topik yang
telah dipromosikan oleh guru. Para peserta didik juga berlatih untuk membangun
kerjasama melalui diskusi kelompok dalam memecahkan persoalan yang ada. Dan yang
terakhir para peserta didik berani untuk mempresentasikan hasil diskusi dengan
kelompok kecilnya ke depan kelas di hadapan kelompok-kelompok lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar