Jumat, 25 Januari 2019

Penggunaan Teknologi di Pendidikan


Setelah menyaksikan tayangan video tentang penggunaan teknologi di pendidikan sangat jelas terlihat peran guru di sana adalah sebagai fasilitator yang memfasilitasi peserta didik dalam membahas topik pembelajaran tentang praktek membuat replika jembatan, dan guru tersebut juga berkolaborasi dengan para peserta didik di dalam proses pembelajaran, menjadi inspirator dan motivator ketika ada peserta yang masih belum paham dan menyemangati para peserta didik serta meyakinkan bahwa mereka pasti bisa. Dalam video tersebut sang guru juga mampu mendesain pembelajaran yang kreatif dengan mengoptimalkan teknologi digital berbasis IT dalam rangka memecahkan sebuah permasalahan mengenai topik pembelajaran dan terlihat jelas di dalam proses pembelajaran yang terjadi sangat berorientasi pada peserta didik (student centered). Dan yang terakhir sang guru mampu melakukan transformasi kultural dengan menumbuhkan karakter rasa ingin tahu yang tinggi kepada para peserta didik, proaktif dalam proses pembelajaran, tekun, fokus dan pantang menyerah dalam menyelesaikan sebuah permasalahan kehidupan.
Di sisi lain karena proses pembelajaran di dalam video tersebut bersifat menantang, dan melibatkan seluruh peserta didik di dalam suatu topik pembelajaran, maka secara otomatis para peserta didik mampu memiliki keterampilan berpikir kritis dalam memecahkan sebuah persoalan topik pembelajaran yang ada, mampu memanfaatkan teknologi yang ada, bahkan mampu memanfaatkan teknologi digital tersebut untuk menggali informasi (sumber belajar) untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari topik yang telah dipromosikan oleh guru. Para peserta didik juga berlatih untuk membangun kerjasama melalui diskusi kelompok dalam memecahkan persoalan yang ada. Dan yang terakhir para peserta didik berani untuk mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok kecilnya ke depan kelas di hadapan kelompok-kelompok lainnya.

ads

Ditulis Oleh : Lukman Psiko Hari: 10.12 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar