Sabtu, 26 Januari 2019

Peran Teknologi dan Media dalam pembelajaran Abad 21



1.      Tugas Terstruktur (Praktikum)
Secara mandiri carilah contoh konkret dari sumber referensi yang ada di buku maupun jurnal tentang peran guru di era digital abad 21 sesuai Standar Teknologi Pendidikan Nasional untuk Guru (National Educational Technology Standards for Teacher)/NETS-T!
Jawab:
Di buku yang berjudul “Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013” oleh Nurdyansah, M.Pd dan Eni Fariyarul Fahyuni, M.Pd.I di sana dapat disimpulkan bahwa peran guru di dalam proses pembelajaran tidak lagi menjadi sumber belajar yang sangat dominan (sesuai dengan standar: Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa) namun guru lebih berperan sebagai perancang/desainer dan sekaligus sebagai penyunsun program pembelajaran (sesuai dengan standar: Merancang dan Mengembangkan Pengalaman dan Penilaian Pembelajaran Digital-Age).
Seorang guru juga harus memiliki pengetahuan tentang macam-macam model pembelajaran yang mengunakan pendekatan konstruktifistik dan mengajak para siswa serta guru untuk ikut memahami pengembangan dan merancang pengalaman belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran (sesuai dengan standar: Terlibat dalam Pertumbuhan Profesional dan Kepemimpinan) dan juga guru harus memiliki kemampuan dalam merancang pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan yang berbasis e-learning, web maupun i-Pad / Smart Phone learning (sesuai dengan standar: Model Kerja dan Belajar Digital-Age).

2.      Tugas Mandiri
Jawablah pertanyaan soal latihan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
A.    Apa saja bentuk pemanfaatan teknologi dan media informasi yang Anda lakukan di kehidupan sehari-hari dalam pembelajaran abad 21? Coba jelaskan secara singkat!
Jawab:
Di dalam proses pembelajaran adakalanya saya menayangkan video motivasi yang berkaitan dengan topik pembelajaran, adakalanya pembelajaran juga diiringi dengan musik dan juga slide presentasi dalam bentuk microsoft powerpoint, dan ketika proses pembelajaran dengan metode learning style yang dikembangkan di sekolah kami para peserta didik difasilitasi laptop 5-6 buah per kelas yang tersambung dengan jaringan internet (wifi) sebagai salah satu media sumber belajar pendukung.

B.     Berilah contoh konkret pemanfaatan teknologi dan media informasi pada pembelajaran abad 21?
Jawab:
Contoh konkret pemanfaatan teknologi dan media informasi yang pernah dilakukan oleh peserta didik kami di sekolah adalah pembuatan blog maupun website dengan top level domain untuk membagikan informasi dan pengetahuan mereka kepada khalayak di seluruh penjuru dunia.

C.     Berikan ilustrasi akan pesatnya kemajuan pemanfaatan teknologi dan media informasi yang sudah Anda laksanakan pada pembelajaran abad 21?
Jawab:
Beberapa contoh pemanfaatan teknologi dan media informasi yang pernah saya lakukan di dalam proses pembelajaran pembuatan blog khusus mapel bimbingan konseling untuk berbagi informasi kepada peserta didik. Demikian pula sebaliknya, terkadang kami juga memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengupload hasil diskusi dan pembahasan topik mereka di blog pribadi maupun kelompok, serta mengirimkan tugas pembelajaran melalui surat elektronik (e-mail). Bahkan tidak ketinggalan juga kami belajar bersama untuk membuat ebook maupun permainan edukasi berbasis android yang dapat diupload di google playstore.

D.    Sebutkan dan jelaskan beberapa kemampuan yang dapat dikembangkan guru untuk menunjukkan potensinya terkait tugas dan perannya di era digital abad 21!
-          Guru mampu menyajikan media presentasi dalam bentuk powerpoint yang mengintegrasikan animasi, suara, dan hyperlinks dengan informasi digital di blog maupun situs media sosialnya.
-          Guru mampu memanfaatkan software-software komputer untuk melakukan asesmen terhadap kemampuan dan potensi siswa, pemetaan keadaan sosial siswa di kelas (sosiometri), maupun bakat dan minat yang dimiliki siswa.
-          Guru dapat memanfaatkan forum-forum atau group diskusi di media sosial untuk berbagi ide dan sumber daya, misalnya group FB, Telegram, Whatsapp, dan media sosial lainnya.

E.     Sebutkan dan jelaskan peran guru di era digital abad 21 sesuai Standar Teknologi Pendidikan Nasional untuk Guru (National Educational Technology Standards for Teacher)/NETS-T!
1.      Memfasilitasi dan Mengisnpirasi Pembelajaran Kreativitas Siswa
Guru menjadi fasilitator yang memfasilitasi proses dan pengalaman belajar yang berkualitas, kreativitas, dan inovasi di dalam proses pembelajaran siswa dengan menggunakan teknologi digital baik saat tatap muka maupun virtual.
2.      Merancang dan Mengembangkan Pengalaman dan Penilaian Pembelajaran Digital-Age
Guru sebagai perancang, pengembang, dan pengevaluasi pengalaman belajar siswa yang menggabungkan alat dan sumber daya kontemporer untuk memaksimalkan pembelajaran konten dalam kontak dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diidentifikasi dalam NETS-S.
3.      Model Kerja dan Belajar Digital-Age
Guru sebagai salah satu sumber belajar siswa yang menunjukkan pengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang mewakili profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital.
4.      Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
Guru sebagai seorang profesional yang menunjukkan perilaku hukum dan etika dalam praktik dan proses pembelajaran sesuai dengan kode etik profesional seorang guru.
5.      Terlibat dalam Pertumbuhan Profesional dan Kepemimpinan
Guru juga sebagai seorang pembelajar sepanjang hayat yang secara terus-menerus meningkatkan praktik profesional mereka, memodelkan pembelajaran seumur hidup, dan memamerkan para pemimpin dalam komunitas sekolah dan profesional mereka dengan mempromosikan dan mendemonstrasikan penggunaan alat-alat digital dan sumber daya secara efektif.

ads

Ditulis Oleh : Lukman Psiko Hari: 08.21 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar