1.
Tugas
Terstruktur (Praktikum)
Secara
mandiri carilah contoh konkret dari sumber referensi yang ada di buku maupun
jurnal tentang peran guru di era digital abad 21 sesuai Standar Teknologi
Pendidikan Nasional untuk Guru (National Educational Technology Standards
for Teacher)/NETS-T!
Jawab:
Di buku yang berjudul “Inovasi Model Pembelajaran
Sesuai Kurikulum 2013” oleh Nurdyansah, M.Pd dan Eni Fariyarul Fahyuni, M.Pd.I
di sana dapat disimpulkan bahwa peran guru di dalam proses pembelajaran tidak
lagi menjadi sumber belajar yang sangat dominan (sesuai dengan standar:
Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa) namun guru
lebih berperan sebagai perancang/desainer dan sekaligus sebagai penyunsun
program pembelajaran (sesuai dengan standar: Merancang
dan Mengembangkan Pengalaman dan Penilaian Pembelajaran Digital-Age).
Seorang guru juga harus memiliki pengetahuan
tentang macam-macam
model pembelajaran yang mengunakan pendekatan konstruktifistik dan mengajak
para siswa serta guru untuk ikut memahami pengembangan dan merancang pengalaman
belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran (sesuai dengan standar: Terlibat
dalam Pertumbuhan Profesional dan Kepemimpinan) dan juga guru harus memiliki
kemampuan dalam merancang pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan
yang berbasis e-learning, web maupun i-Pad / Smart Phone learning (sesuai
dengan standar: Model Kerja dan Belajar Digital-Age).
2.
Tugas
Mandiri
Jawablah
pertanyaan soal latihan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
A. Apa
saja bentuk pemanfaatan teknologi dan media informasi yang Anda lakukan di
kehidupan sehari-hari dalam pembelajaran abad 21? Coba jelaskan secara singkat!
Jawab:
Di dalam proses pembelajaran adakalanya saya
menayangkan video motivasi yang berkaitan dengan topik pembelajaran, adakalanya
pembelajaran juga diiringi dengan musik dan juga slide presentasi dalam bentuk
microsoft powerpoint, dan ketika proses pembelajaran dengan metode learning
style yang dikembangkan di sekolah kami para peserta didik difasilitasi laptop
5-6 buah per kelas yang tersambung dengan jaringan internet (wifi) sebagai
salah satu media sumber belajar pendukung.
B. Berilah
contoh konkret pemanfaatan teknologi dan media informasi pada pembelajaran abad
21?
Jawab:
Contoh konkret pemanfaatan teknologi dan media
informasi yang pernah dilakukan oleh peserta didik kami di sekolah adalah
pembuatan blog maupun website dengan top level domain untuk membagikan
informasi dan pengetahuan mereka kepada khalayak di seluruh penjuru dunia.
C. Berikan
ilustrasi akan pesatnya kemajuan pemanfaatan teknologi dan media informasi yang
sudah Anda laksanakan pada pembelajaran abad 21?
Jawab:
Beberapa contoh pemanfaatan teknologi dan media
informasi yang pernah saya lakukan di dalam proses pembelajaran pembuatan blog
khusus mapel bimbingan konseling untuk berbagi informasi kepada peserta didik.
Demikian pula sebaliknya, terkadang kami juga memberikan tugas kepada peserta
didik untuk mengupload hasil diskusi dan pembahasan topik mereka di blog
pribadi maupun kelompok, serta mengirimkan tugas pembelajaran melalui surat
elektronik (e-mail). Bahkan tidak ketinggalan juga kami belajar bersama untuk
membuat ebook maupun permainan edukasi berbasis android yang dapat diupload di
google playstore.
D. Sebutkan
dan jelaskan beberapa kemampuan yang dapat dikembangkan guru untuk menunjukkan
potensinya terkait tugas dan perannya di era digital abad 21!
-
Guru mampu menyajikan media presentasi
dalam bentuk powerpoint yang mengintegrasikan animasi, suara, dan hyperlinks
dengan informasi digital di blog maupun situs media sosialnya.
-
Guru mampu memanfaatkan
software-software komputer untuk melakukan asesmen terhadap kemampuan dan
potensi siswa, pemetaan keadaan sosial siswa di kelas (sosiometri), maupun
bakat dan minat yang dimiliki siswa.
-
Guru dapat memanfaatkan forum-forum atau
group diskusi di media sosial untuk berbagi ide dan sumber daya, misalnya group
FB, Telegram, Whatsapp, dan media sosial lainnya.
E. Sebutkan
dan jelaskan peran guru di era digital abad 21 sesuai Standar Teknologi
Pendidikan Nasional untuk Guru (National Educational Technology Standards
for Teacher)/NETS-T!
1. Memfasilitasi dan Mengisnpirasi
Pembelajaran Kreativitas Siswa
Guru menjadi fasilitator yang memfasilitasi
proses dan pengalaman belajar yang berkualitas, kreativitas, dan inovasi di
dalam proses pembelajaran siswa dengan menggunakan teknologi digital baik saat
tatap muka maupun virtual.
2. Merancang dan
Mengembangkan Pengalaman dan Penilaian Pembelajaran Digital-Age
Guru sebagai perancang, pengembang, dan pengevaluasi
pengalaman belajar siswa yang menggabungkan alat dan sumber daya kontemporer
untuk memaksimalkan pembelajaran konten dalam kontak dan mengembangkan
pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diidentifikasi dalam NETS-S.
3. Model Kerja dan Belajar
Digital-Age
Guru sebagai salah satu sumber belajar
siswa yang menunjukkan pengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang
mewakili profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital.
4. Mempromosikan dan Model
Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
Guru sebagai seorang profesional yang
menunjukkan perilaku hukum dan etika dalam praktik dan proses pembelajaran
sesuai dengan kode etik profesional seorang guru.
5. Terlibat dalam
Pertumbuhan Profesional dan Kepemimpinan
Guru juga sebagai seorang pembelajar
sepanjang hayat yang secara terus-menerus meningkatkan praktik profesional
mereka, memodelkan pembelajaran seumur hidup, dan memamerkan para pemimpin
dalam komunitas sekolah dan profesional mereka dengan mempromosikan dan
mendemonstrasikan penggunaan alat-alat digital dan sumber daya secara efektif.
0 komentar:
Posting Komentar