Selasa, 04 Juli 2017

Psikotes Penjurusan SMA



Psikotes Penjurusan di Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) tidak lagi dilakukan pada kelas XI, melainkan mulai dari Kelas X. Sejak mendaftar ke SMA, seorang peserta didik sudah diwajibkan memilih kelompok peminatan mana yang akan dimasuki. Apakah Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam, Peminatan Ilmu-ilmu Sosial, atau Peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya.
Menurut Permendikbud Nomor 69 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMA/MA, diatur bahwa pemilihan kelompok peminatan didasarkan pada nilai rapor SMP/MTs, nilai Ujian Nasional (UN) SMP/MTs, rekomendasi guru bimbingan dan konseling di SMP, hasil tes penempatan ketika mendaftar di SMA, dan hasil tes bakat minat oleh Psikolog. Oleh karena itu psikolog ataupun guru bimbingan dan konseling dituntut untuk memiliki skill dalam pembuatan laporan hasil tes psikologi atau yang disebut dengan psikogram.
Pembuatan hasil laporan tes psikologi (psikogram) untuk penjurusan yang dilakukan oleh seorang psikolog atau lembaga psikologi yang berupa skor beserta gambaran kemampuan dan juga gambaran kepribadian pastilah membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi jika jumlah peserta tes sangat banyak. Disamping itu proses skoring dan interpretasi dari alat tes psikologi yang digunakan juga sangat menguras tenaga dan pikiran, namun sekarang semua tidak akan menjadi masalah lagi jika Anda memiliki Software Psikogram Penjurusan SMA.
Pelajari selengkapnya DI SINI.

ads

Ditulis Oleh : Lukman Psikologi Hari: 20.28 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar